Tuesday, 1 December 2015

Cara Membuat Karakter Minecraft Dengan Aplikasi Blender

     Pembahasan kali ini yaitu tutorial bagaimana cara membuat karakter serupa di Minecraft dengan Software Blender. Software Blender ini merupakan software pengolah citra tiga dimensi yang gratis dan open-source. Tutorial ini merupakan versi saya sendiri dengan menganalisa dengan melihat karakter di Minecraft terlebih dahulu. Berikut adalah contoh karakternya.


Jika dilihat dari gambar, seluruh anggota tubuh karakter tersebut bisa menggunakan cube untuk membentuk badan, tangan, kaki, dan kepala. Setelah itu, kita bisa memulai pembuatannya.




1. Unduh Blender terlebih dahulu jika belum ada di -> http://www.blender.org/
2. Setelah diunduh dan di-install, buka Blender nya. 
3. Klik di area kerja untuk menutup pesan saat pertama kali dibuka.



Setelah terbuka, pertama kalinya kita akan membuat tubuhnya terlebih dahulu.



1. Ubah pandangan jadi perspektif menjadi ortodoks dengan menekan Numpad 5.


2.  Kemudian, tekan Numpad 3 untuk melihat dari sisi kanan. 
3. Klik kiri pada kubusnya untuk dijadikan sebagai objek aktif. Tekan S, lalu tekan Y untuk mengubah skala objek searah sumbu Y. Jika digerakkan, maka objek akan membesar ke kanan dan kiri saja. Buat objeknya menjadi kecil dengan mengarahkan kursor mouse menuju titik pusatnya yang berwarna orange. Kemudian, tekan S, lalu tekan Z untuk mengubah tinggi kubusnya.






4. Ubah arah pandang ke depan kubus dengan menekan Numpad 1. Kemudian, tekan S, lalu tekan X untuk mengubah kubusnya menjadi lebih kecil karena tubuh dari karakter aslinya kurang lebih berukuran dua kali dari ukuran tangannya. 






     Untuk tubuhnya telah selesai. Namun, belum sepenuhnya karena nantinya akan membentuk kaki dari objek badan yang telah dibuat tadi. Sekarang kita akan membuat tangan. 

1. Ubah arah pandang ke kanan. 

2. Tambah kubus baru dengan tekan Shift + A, pilih Mesh, lalu klik Cube. Akan muncul kubus baru. Klik kiri pada kubus tersebut dan geser dengan tahan klik kiri mouse dan arahkan ke sisi badannya. Jika kesulitan untuk menggeser, gunakan klik tengah mouse untuk menggeser arah pandang ke mana saja. 







3. Ubah arah pandang ke bawah kubus untuk membentuk lengan dengan menekan Ctrl + Numpad 7. Ubah mode menjadi Edit Mode dengan menekan Tab atau klik di tempat seperti gambar di bawah ini. 





Setelah masuk ke Edit Mode, tekan A untuk menghilang seleksi yang ada. Tekan Ctrl + Runtuk membentuk garis baru pada kubus. Garis yang baru ini digunakan untuk membentuk permukaan baru yang akan ditarik menjadi lengan. 





Arahkan mendekati rusuk kubus. Scroll mouse ke atas untuk menambah garisnya menjadi dua. Kemudian, klik kiri. Sebelum menggeser mouse, tekan S, lalu tekan sumbu yang mengarah secara horizontal. Jika benar, garis akan membesar ke arah horizontal. Lakukan juga pembentukan garis ini secara vertical, yaitu membentuk dua garis baru dan perbesar secara vertikal. Maka, hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. 





Ubah mode pemilihan berdasarkan permukaan dengan klik pada gambar di bawah ini 




Kemudian, pilih permukaan tengah dengan klik kiri. Kita akan menarik permukaan tersebut untuk dijadikan lengan. Setelah memilih, ubah arah pandang ke depan. Tekan E untuk Extrude. Extrude ini berfungsi sebagai menarik permukaan agar menjadi menonjol atau membuat sebuah objek terlihat bolong. Hasilnya akan menjadi seperti ini. 





4. Setelah lengan jadi, kita selanjutnya membuat lengan menjadi dua, yaitu bagian kanan dan kiri. Kita menggunakan Modifier -> Mirror. Alat ini berfungsi sebagai cermin dari sebuah objek agar pembentukan objek sebelah kanan atau kiri sama dengan bagian sisi lainnya tanpa harus membentuk bentuk dasarnya lagi. Klik seperti gambar di bawah ini, klik Add Modifier, pilih Mirror. Kemudian, atur pengaturannya seperti gambar di bawah ini. Perlu diingat untuk Mirror Object sesuaikan dengan objek lengan yang telah dibuat. Jangan klik Apply jika objek yang kita buat belum final agar bisa diubah sewaktu-waktu. 





Geser objeknya hingga mendekati sisi badannya agar terlihat seperti lengan. Hasilnya seperti gambar di bawah ini. 




Setelah membentuk lengannya, kita membentuk kepalanya dengan menambahkan kubus di atas badannya. Gunakan skala dengan menekan S untuk mengatur ukuran kepala dengan proporsional. Kurang lebih hasilnya seperti ini.




     Selanjutnya adalah proses pembuatan kaki. Pembuatan kaki di sini melibatkan objek tubuh yang telah dibuat sebelumnya. Berikut caranya. 

1. Masuk ke Edit Mode. Tekan Ctrl +R dan buat dua garis. Skalakan secara horizontal dan buat sangat dekat karena jarak kaki yang mau kita buat hanya punya jarak antar kaki yang kecil. Hasilnya seperti ini.


2. Masuk ke edit permukaan. Hapus permukaan yang terletak pada antara kaki. Hal ini dikarenakan kedua kaki belum terpisah dan sebenarnya belum bisa disebut kaki. Hapus dengan tekan Delete dan pilih Face. 
3. Setelah dihapus, akan ada lubang di permukaan tersebut. Masuk ke mode garis dengan tekanZ. Pilih rusuk untuk menutup kaki yang satu dengan kaki yang lain. Setelah dipilih dengan Shift + Klik kiri, tekan F untuk membuat permukaan baru di antara rusuk-rusuk yang telah dipilih. Hasilnya seperti ini. 



4. Lakukan pada kaki satunya. Balik ke mode biasa dengan tekan Z lagi. 
5. Untuk menghapus garis pada bagian badan, pilih garisnya, tekan Delete, dan pilih Dissolve Edges. Jika tidak bisa, pilih Vertices. 



6. Hasil akhirnya akan seperti ini. 



Selanjutnya adalah proses pewarnaan. Berikut adalah caranya. 

1. Masuk ke Edit Mode dan pilih objek yang ingin dirubah warnanya. 

2. Pilih menu yang dilingkari warna merah. Kemudian, kita harus menentukan warna dasar sebuah objek sebelum memberi warna pada beberapa permukaan. Untuk mengubah labelnya, klik dua kali pada labelnya dan ubah namanya agar ingat warna untuk apa saja kita gunakan. Jika sudah, klik Assign. 





3. Klik tanda tambah yang dilingkari warna biru. Klik New untuk menambah material warna. Klik dua kali pada label dan beri nama badan karena ingin memberi warna pada badan. 
4. Pilih warna bajunya dengan klik warna putih pada Diffuse. 

5. Setelah memilih, klik permukaan mana saja yang ingin dirubah warnanya. 



6. Jika sudah, klik Assign. 
7. Lakukan hal yang sama pada bagian bahu, lengan, dan kaki. 
8. Hasilnya akan seperti ini. 



     Selanjutnya adalah proses texturing. Texturing ini merupakan proses pemberian warna lebih dari satu atau banyak pada beberapa permukaan. Hal ini kita lakukan pada wajah karena ingin memberi warna berupa mata, hidung, mulut, dan alis. Berikut caranya.

1. Masuk ke Edit Mode dan pilih objek wajahnya. 
2. Pilih semua permukaan wajahnya, kemudian tekan U dan pilih Smart UV Project. Hal ini akan membuat pola untuk wajahnya dan bisa diatur warnanya dari Blender maupun editor gambar lainnya. Di sini saya menggunakan Photoshop. 

3. Setelah itu, masuk ke UV Editing dengan klik menu pada gambar. 



4. Akan muncul jendela ke-dua dan ada pola wajah yang telah diseleksi sebelumnya. Untuk mengedit pola tersebut di Photoshop, klik menu pada gambar di bawah ini dan pilih Export UV Layout. Save file tersebut. 



5. Edit sesuai polanya pada editor gambar yang diinginkan. Jika sudah diedit, save gambar tersebut. 




6. Balik ke Blender lagi. Pada UV Editing, klik Open, pilih file hasil edit sebelumnya. Jika sesuai, gambar akan mengikuti pola yang telah dibuat sebelumnya dan cocok dengan pola yang telah dibuat sebelumnya. 

7. Kemudian, tutup jendela UV Editing dengan memilih default dengan cara membuka jendela UV Editing sebelumnya. 
8. Buka menu Texture, klik tanda tambah. Pastikan typenya image or movie. Pada kolom image, ada ikon gambar foto diklik dan pilih file yang telah diedit sebelumnya. 
9. Tekan F12 untuk melihat hasilnya. 
10. Atur pencahayaan agar terlihat terang objeknya. Bisa dengan menambahkan sumber cahaya baru atau mengganti sumber cahayanya. 

11. Hasil akhirnya seperti ini.