Thursday, 9 October 2014

Softskill : New Media

NEW MEDIA




DEFINISI NEW MEDIA

     Teknologi dalam perkembangan arus produksi, konsumsi dan distribusi informasi memegang peranan penting. Urgensi peranan teknologi dalam proses massifikasi informasi terjadi ketika hasil teknologi membantu mengubah pola komunikasi yang dibatasi oleh ruang dan waktu menjadi pola komunikasi informasi tanpa batas. Sehingga hadirnya media baru (new media)1 memberi alternatif masyarakat dalam mencari dan memanfaatkan sumber-sumber informasi untuk memenuhi kebutuhannya. Media massa konvensional (tv, radio dan cetak) dituntut untuk melakukan intergrasi dengan media baru agar mampu memenuhi harapan baru bagi pelanggan setianya, baik pembaca online maupun cetak.

    Definisi new media secara eksklusif merujuk pada teknologi komputer yang menekankan bentuk dan konteks budaya yang mana teknologi digunakan, seperti dalam seni, film, perdagangan, sains dan diatas itu semua internet. Sementara digital media merupakan kecenderungan kepada kebebasan teknologi itu sendiri sebagai karakteristik sebuah medium, atau merefleksikan teknologi digital (Dewdney and Ride. 2006 : 8 & 20).

PANDANGAN TERHADAP NEW MEDIA

     New Media merupakan perkembangan baru dari media-media yang telah digunakan manusia. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, New Media bisa memberikan nilai negatif juga, yaitu dapat mengakses situs yang berbau porno dan kekerasan dengan mudah dan memberikan efek ketagihan bagi penggunanya. Jadi sudah seharusnya perkembangan New Media diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.


MANFAAT NEW MEDIA

     Dari pembahasan tentang definisi dan pandangan mengenai new mediasebelumnya, sebenarnya sudah jelas bahwa dengan New Media yang inovatif, segala sesuatu aktifitas dan pekerjaan kita akan menjadi lebih mudah, efisien dan efektif. seperti berikut :
  • Sebagai media informasi yang dapat mudah dan cepat diakses dengan Internet. melalui internet kita dapat melalukan berbagai aktifitas di dunia maya. Seperti pencarian kerja, jual-beli barang, dan berbagai aktifitas yang bersifat informatif lainnya.
  • Sebagai media komunikasi yang efisien, kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada jauh sekalipun, bahkan bertatap muka dengan video conference
  • Sebagai media hiburan, seperti : streaming video, video game, dan lain-lain.
  • Sebagai sarana pendidikan yang efektif, seperti E-book. dengan E-book ini para pelajar / mahasiswa tidak perlu membeli buku, karena dapat mendownloadnya. dan ini menjadi praktis karena tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak.
  • Sebagai media silahturahmi, dengan bermunculan situs-situs media sosial di internet. seperti : Facebook, Twitter, My Space, Yahoo Messangger dan lain sebagainya, itu dapat membuat kita dapat bersilahturahmi dengan sanak saudara, teman dan masyarakat luas. Melalu berbagai situs tersebut kita dapat mengetahui kabar mereka dengan cara mengirim pesan, selain itu kita juga dapat mengirim photo, video, dan lain-lain kepada mereka.

     Itulah beberapa manfaat yang dapat saya uraikan, mungkin dalam uraian tersebut masih banyak manfaat yang belum saya sebutkan. Iya itu dikarenakan begitu banyak manfaat yang kita dapat dari new media. Namun, dibalik manfaat-manfaat tersebut kita perlu mengingat kembali bahwa disisi lain new media disertai dengan dampak negatif, maka dari itu sekali lagi saya ingin menghimbau, bagi seluruh pengguna new media yang konsumtif, perlu lah mengerti apa fungsi dari new media itu sebenarnya, jadi sudah seharusnya perkembangan ini diikuti juga dengan kebijakan orang yang memanfaatkannya.

KOMPONEN NEW MEDIA

     komponen media yaitu : internet & web, Komputer/laptop, Portable Media Player, Mobile Phone, Video Game/Game komputer, Virtual Reality, DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc), VCDs (Compact Discs), dll.

     Internet saat ini dimana hampir seluruh manusia menggunakannya dengan berbagai keperluan masing-masing untuk dapat mengakses situs yang ingin dituju untuk mendapat apa yang sedang dicari baik info terbaru maupun ingin berinteraksi jarak jauh melalui jejaring sosial, seperti facebook, ym, twitter dll.

APLIKASI NEW MEDIA

Beberapa contoh aplikasi New Media, yaitu:
  • Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita dan informasi tertentu.
  • CNN, BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
  • Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan ( streaming) dan berita secara audio visual .
  • Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung dengan sesama user yang sengaja dibagikan kepada publik.
  • BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).


Ditulis oleh :

Ichsan Perdana Putra
54413193



Daftar Pustaka

Dewdney, Andrew., and Ride, Peter. (2006). The New Media Handbook. London. Routledge.

http://firstyavishasepti.blogspot.com/2013/10/new-media-pengertian-pandangan-komponen.html : Diakses pada 8 Oktober 2014

http://farisaqimuddin.wordpress.com/2013/10/14/new-media-definisi-pandangan-manfaat-komponen-aplikasi/ : Diakses pada 8 Oktober 2014

http://mynameisedho.blogspot.com/2013/11/new-media-definisi-manfaat-komponen-dan.html : Diakses pada 8 Oktober 2014